Jualan Online di Facebook

Tujuan awal peluncuran Facebook adalah untuk mempermudah komunikasi orang-orang. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi Facebook mulai bertambah yaitu untuk melakukan promosi atas produk-produk yang ingin dijual. Sangat penting untuk melihatĀ  tips sukses jualan online di Facebook.

Penggunaan Facebook sebagai media jualan online terkadang membuat beberapa pengguna merasa terganggu. Sering kena tag atau ditandai dalam produk penjualan orang lain kadang-kadang membuat pengguna Facebook kesal. Untuk menghindari hal tersebut, berikutĀ  tips agar jualan anda laris di Facebook tanpa mengganggu orang lain.

Buat Akun Fanpage untuk Produk Anda

Akun pribadi Facebook anda sayangnya hanya dapat menampung pertemanan hingga 5,000 orang. Terbatasnya jumlah teman juga berpengaruh pada terbatasnya target penjualan anda. Untuk menyiasati hal ini, akun Facebook Fanpage bisa digunakan untuk jualan online.

Jumlah orang yang bisa menyukai fanspage anda tidak dibatasi sehingga semakin memperbesar peluang mendapatkan konsumen. Pembuatan akun fanpage untuk jualan online ini juga bisa menunjukkan profesionalitas anda dalam menjual suatu produk.

Dalam pembuatan akun fanpage, jangan lupa mengisi informasi yang jelas mengenai bisnis anda. Mulai dari kontak yang bisa dihubungi, alamat, deskripsi bisnis, cara pemesanan, hingga hal penting lainnya. Gunakan foto profil yang menarik agar pengunjung fanpage anda semakin tertarik.

Update Status dengan Foto-Foto yang Menarik

Setelah akun fanpage dibuat, saatnya mempromosikan produk anda. Pilihlah foto-foto dengan kualitas yang baik dan orisinal, agar kompetitor anda tidak mudah menirunya. Biasanya foto yang orisinal mampu memberi kesan yang baik kepada calon konsumen anda karena terjamin keasliannya.

Usahakan anda memotret sendiri atau menggunakan jasa fotografer profesional agar foto produk anda semakin cantik dan menarik. Setelah foto produk siap, anda tinggal update status tentang produk-produk yang anda miliki. Jangan lupa memberikan deskripsi yang menarik.

Manfaatkan Facebook Marketplace

Facebook marketplace merupakan salah satu fitur yang disediakan bagi pengguna yang ingin menjual produknya. Tampilannya hampir sama dengan Tokopedia ataupun OLX, dimana gambar produk dilengkapi dengan deskripsi singkat. Deskripsi ini termasuk nama produk, harga, dan lokasi penjual.

Kelebihan fitur ini adalah anda bisa berkomunikasi langsung dengan calon pembeli melalui facebook messenger. Sayangnya, dalam melakukan transaksi anda diharuskan untuk bertemu secara langsung dengan pembeli atau hanya bisa menggunakan sistem COD (cash on delivery).

Manfaatkan Grup Jualan

Salah satu fitur yang memudahkan untuk jualan online di Facebook adalah fitur grup. Banyak sekali grup-grup jualan yang ada di Facebook. Bergabunglah dengan grup jualan sebanyak-banyaknya agar anda bisa terus mempromosikan produk anda.

Responsif terhadap Pembeli

Salah satu cara agar jualan anda laris di facebook adalah dengan selalu merespon setiap pesan dari calon pembeli. Jangan pernah memilih pesan mana saja yang harus dijawab. Meskipun ada beberapa pesan yang hanya ingin bertanya dan batal membeli produk anda, anda harus tetap sabar dalam merespon pesan tersebut.

Apabila anda responsif, tidak hanya pembeli yang percaya terhadap anda, facebook melalui marketplacenya juga memberikan anda lencana “sangat responsif”. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan kredibilitas anda sebagai penjual.

Manfaatkan Layanan Facebook Ads

Untuk membantu pengguna dalam memaksimalkan penjualan produknya, Facebook menawarkan jasa iklan yang disebut dengan facebook ads. Layanan ini tidak gratis, namun dinilai mampu secara efektif membantu promosi dan penjualan produk.

Pemanfaatan fitur facebook ads membantu penjual dalam mendapatkan target konsumen yang semakin luas. Selain itu, facebook ads mampu meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan merk produk yang ditawarkan oleh penjual.

Biaya untuk memasang iklan bervariasi. Hal ini bergantung pada besaran calon pembeli yang disasar dan biaya sekali klik. Biasanya, semakin sering iklan anda mendapatkan klik, semakin murah pula harganya.

Demikianlah beberapa tips sukses jualan online di Facebook. Semakin sering anda melakukan promosi, semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan pembeli dan keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *